Breaking News

Mungkin Anda sering mendengar bahwa biji chia atau chia seed adalah salah satu bahan makanan untuk diet yang cukup efektif. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, Mengolah chia seed utnuk diet juga cukup mudah dan tidak merepotkan.

Biji chia ini sendiri merupakan biji dari tanaman berbunga Salvia hispanica. Akhir-akhir ini sangat populer karena dinobatkan sebagai salah satu superfood dengan banyak manfaat penting bagi kesehatan.

 

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Chia Seed

Bahan makanan yang bagus untuk diet ini mempunyai kandungan nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Terutama bagi kesehatan yang diperlukan seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badannya.

Bahkan dikutip dari Medical News Today, dalam 1 ons saja biji chia seed  akan mengandung mineral berikut ini:

  • 179 miligram mineral kalsium.
  • 95 miligram mineral magnesium.
  • 2,19 miligram mineral zat besi.
  • 115 miligram mineral kalium.

Selain itu juga mempunyai kandungan sejumlah senyawa antioksidan yang menjadi sumber dari asam lemak omega-3. Bahkan juga sangat kaya akan serat sehingga cukup bagus untuk yang mengatasi sembelit yang dialami.

Menurut penelitian para ahli dalam 1 onsnya mempunyai kandungan  kira-kira 9,75 gram serat dan 4,69 gram protein. Dengan kandungan serat dan proteinnya tersebutlah yang mampu menekan nafsu makan dan membuat perut menjadi kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Sehingga dapat membuat seseorang menjadi tidak ingin makan dalam jumlah yang besar. Ditambah lagi dalam satu onsnya juga mengandung 138 kalori sehingga sangat cocok untuk dijadikan cemilan rendah kalori dan padat nutrisi.

 

Cara Mudah Mengkonsumsi Chia Seed Untuk Diet

Sebagaimana yang dituliskan dalam Healthline, cara mengkonsumsi Chia Seed untuk diet ini tidak sulit. Bahkan sangat praktis karena tidak memerlukan teknik pengolahan maupun peralatan khusus untuk mengkonsumsinya. Sebagaimana 5 cara dibawah ini yang dapat diikuti dengan mudah:

Membuat Puding Chia Seed

Cara membuat puding chia sangat mudah, sama seperti puding pada umumnya. Hanya saja agar memiliki tekstur yang lebih kental, maka Anda dapat menambahkan biji ini dan biarkan campuran meresap lebih lama.

Infused Water Biji Chia Seed

Kemudian cara yang paling mudah dan sederhana, yakni dengan memasukkannya ke dalam minuman. Namun sebelumnya Anda dapat merendamnya terlebih dahulu dengan 1 liter air selama 20 sampai dengan 30 menit untuk setiap 40 gram.

Masukkan Ke Dalam Smoothie

Karena smoothie merupakan salah satu sajian sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang lebih cepat dan efektif. Maka Anda juga dapat mencampurkannya ke dalam sajian smoothie yang disantap saat sarapan pagi.

Chia Seed Sebagai Taburan

Kemudian juga dapat menjadikannya sebagai taburan ke berbagai makanan yang sedang Anda santap. Misalnya ditaburkan di atas potongan buah yang sedang Anda nikmati saat siang hari yang terik. Atau ditaburkan ke atas sepiring salad sayur atau semangkuk oatmeal yang sedang dikonsumsi.

Bahkan yang lebih keren lagi adalah Anda dapat menaburkannya ke atas sajian tumis yang lezat. Atau bisa juga ke atas sup yang mempunyai rasa yang gurih. Tidak perlu banyak, Anda hanya perlu menaburkannya kira-kira sebanyak 1 sdm saja.

Dipanggang Bersama Roti

Roti merupakan menu favorit untuk sarapan yang praktis dan disukai semua orang. Agar dapat menambah nutrisinya, maka Anda bisa menambahkan isian ke dalamnya. Caranya mudah taburkan ke atas roti dan panggang bersama-sama untuk kemudian disantap dengan susu hangat.

Demikianlah cara mudah untuk mengkonsumsi chia seed untuk diet yang dapat langsung Anda praktekkan di rumah. Sehingga program diet Anda dapat berjalan dengan lancar dan sukses, Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share Article: