Wednesday, 25 May, 2022

waktuinfo.com

Berita Teraktual dan Terupdate

single post

  • Home
  • Tips Mudah untuk Mengenali Mobil Bekas Banjir
Uncategorized

Tips Mudah untuk Mengenali Mobil Bekas Banjir

 

Mobil bekas banjir memang menjadi momok bagi calon pembeli. Namun dengan pengecekan menyeluruh risiko tak diinginkan pun bisa dihindari

Pengecekan mobil sebelum memutuskan untuk membeli sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya agar Anda terhindar dari risiko kerugian di masa datang. Namun bagi sebagian calon pembeli, pengecekan mobil bekas bisa sangat rumit, karena akan melibatkan unsur teknis. Salah satunya ketika ingin mengenali atau mengecek mobil bekas banjir, yang kerap menjadi mimpi buruk sebagian besar pemilik mobil.

Mobil yang pernah terkena atau terendam banjir memang bisa saja direkondisi, sehingga menyulitkan untuk mengenalinya. Namun ada beberapa ciri khusus untuk mengenalinya, sehingga Anda tak perlu cemas saat melakukan pengecekan. Untuk memudahkan Anda, berikut tips mengenali mobil bekas terkena banjir dengan sangat mudah dan efisien. Yuk simak artikelnya berikut ini.

1. Bau tak sedap atau lembab

 

Ciri khusus ini akan sangat terasa ketika Anda masuk ke dalam kabin atau interior. Umumnya mobil bekas banjir akan menimbulkan bau tak sedap atau terasa lembab di beberapa bagian interiornya, meski telah direkondisi atau diperbaiki dengan baik. Hal tersebut lantaran masih adanya bekas air menggenang yang sulit untuk dihilangkan lantara berada di sela-sela interior yang sulit untuk dijangkau, meski dengan bantuan profesional.

2. Noda bekas air tergenang

Selanjutnya adalah adanya noda bekas air tergenang. Noda ini akan mudah terlihat pada bagian lampu, ruang mesin hingga suspensi. Hal tersebut menjadi tanda bahwa mobil pernah terendam untuk waktu yang cukup lama. Noda bekas air ini terlihat keruh atau kadang kecokelatan. Jika Anda melihat noda ini, sebaiknya hindari dan cari kandidat lainnya.

3. Cek lubang pembuangan air

 

Setiap mobil dilengkapi dengan lubang pembuangan air atau drain plug untuk membuang timbunan air ketika terkena banjir atau hujan lebat. Lokasinya terletak di bagian bawah pintu hingga bagasi. Jika Anda melihat drain plug terlihat seperti bekas diganti, hilang atau ada noda bekas air, maka patut curiga bahwa mobil sempat terkena banjir.

4. Karat

Timbulnya karat menjadi hal paling mudah untuk mengenali mobil bekas banjir, lantaran ada kemungkinan mobil pernah terekspos genangan air dalam waktu yang lama. Karat umunya timbul di ruang mesin, beberapa bagian suspensi, baut-baut roda hingga drain plug. Jika Anda menemukan karat pada bagian ini, maka lebih baik hindari mobil tersebut.

5. Komponen elektrikal yang bermasalah atau tidak berfungsi

 

Ketika mobil ingin distater, lihat apakah ada warning light menyala. Jika iya, patut dicurigai ada komponen elektrikal yang bermasalah atau tidak berfungsi. Salah satu penyebabnya adalah kemungkinan terkena banjir. Untuk itu penting untuk melihat pula komponen lainnya sebelum memutuskan mobil bekas pilihan Anda bebas dari bekas banjir.

0 comment on Tips Mudah untuk Mengenali Mobil Bekas Banjir

Write a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.