Breaking News

Saat ini tidak sedikit pemilik kendaraan lebih memilih menggunakan ban vulkanisir mobil. Apabila membutuhkan perawatan mobil, aplikasi bengkel mobil akan sangat membantu. Hadirnya Otoklix bukanlah bengkel, namun platform yang membantu booking service dengan bengkel yang menjadi mitranya. Anda bisa percayakan layanan perawatan dan perbaikan mobil terbaik. Pastinya yang memberikan layanan transparan serta memudahkan. Layanan perawatan mobil melalui Otoklix tersedia berbagai macam pilihan sesuai kebutuhan.

Ban vulkanisir menjadi solusi untuk mengganti ban yang sudah botak. Faktor utamanya yakni dari segi harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding ban baru. Hal ini dilakukan untuk mengakali harga ban yang cukup mahal. Oleh karena itu, banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih menggunakan ban vulkanisir.

Ketahui Ciri-Ciri Ban Vulkanisir Mobil

Ban vulkanisir merupakan jenis ban bekas yang dilapisi dengan komponen baru. Tujuannya agar ban ini menjadi terlihat seperti baru. Ban yang digunakan pada jenis ini biasanya adalah ban orisinil yang batikannya sudah gundul atau menipis. Oleh karena itu, perlu mendapatkan lapisan kembali dengan lapisan baru agar tetap baru. Berikut ini adalah ciri-cirinya.

Kekuatan yang Dimiliki

Ciri khas dari ban ini dapat diketahui dari kekuatan yang dimilikinya. Ban ini memang memiliki bentuk desain yang sama dengan ban yang lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa ban vulkanisir akan terlihat lebih lentur dibandingkan ban original yang memiliki tekstur lebih kuat.  

Ukuran dari Sisa Karet

Ciri dari ban vulkanisir mobil selanjutnya yakni terlihat dari sisa-sisa karet yang berukuran kecil pada ban vulkanisir lebih pendek. Sementara , ban yang original sisa karetnya akan terlihat lebih panjang. Hal kecil tersebut penting untuk dipahami untuk mengetahui ban original atau bukan.

Logo Ban Mobil

Ciri yang terlihat selanjutnya yang dapat Anda lihat yakni dari logo indikator atau ITW yang ada pada ban mobil. Untuk ban yang original, biasanya ada logo pada bagian pinggir yang berdekatan dengan tapak ban mobil. Berbeda dengan ban jenis ini, logonya terlihat sejajar dengan alur atau desain ban. Dengan mengetahui letak logo tersebut, pastinya Anda tidak akan tertipu dengan ban yang asli atau vulkanisir.

Rajutan Kawat pada Ban

Tak hanya dari logo, hal yang perlu Anda perhatikan lainnya yakni rajutan kawat dan benang pada bagian ban mobil tersebut. Biasanya ban vulkanisir pada bagian tapak akan lebih terlihat dengan jelas, baik rajutan kawat maupun benangnya. Sementara, untuk ban yang original rajutan tersebut tidak terlihat. Oleh karena itu, penggunaan ban vulkanisir mobil dinilai cukup berbahaya.

Harga Lebih Murah

Ban mobil yang murah biasanya tidak akan menjamin kualitasnya. Apabila Anda ingin membeli ban mobil, pastikan tidak tergiur dengan patokan harga yang diberikan. Sebab, kemungkinan ban tersebut ban bekas atau ban vulkanisir. Apalagi kebanyakan para pedagang akan menjual ban jenis ini dengan harga cukup murah. Namun ada juga yang menjualnya setara dengan ban original.

Risiko Penggunaan Ban Vulkanisir

Melakukan perjalanan dengan kondisi kendaraan yang nyaman menjadi hal penting. Namun, bahaya apabila menggunakan ban vulkanisir mobil. Berikut ini adalah beberapa risiko yang perlu diketahui para pengendara.

Rawan Meledak

Perlu diketahui bahwa bahaya menggunakan ban vulkanisir yakni sangat rawan meledak. Sebab, beban berlebih serta kecepatan tinggi yang akan menyebabkan ledakan pada ban mobil. Apalagi apabila ban tersebut melewati lubang atau batu yang berserakan di jalan, maka akan lebih mudah meledak.

Mudah Tergelincir

Risiko penggunaan ban vulkanisir selanjutnya yakni saat berkendara mobil akan mudah tergelincir. Apalagi saat memasuki musim hujan, maka perlu untuk lebih berhati-hati saat melaju. Sebab, jenis ban tersebut akan lebih mudah terselip. Permukaan ban yang halus tidak dapat menanggung beban yang ada. Bahkan, pada saat ban menghalau air yang berada di aspal dengan kondisi ban jelek, maka hanya membuatnya mudah tergelincir.

Kontrol Traksi Rendah

Tak hanya rawan meledak dan tergelincir, namun masalah yang akan muncul lainnya yakni kontrol yang rendah. Oleh karena itu, ban mobil tidak dapat melakukan cengkraman di tanah atau aspal. Sebab, batik yang tidak berkualitas dan sudah kadaluarsa. Selain itu, apabila melakukan pengereman mendadak, kendaraan menjadi mudah tergelincir hingga sangat jauh.

Kenyamanan Saat Berkendara Berkurang

Saat menggunakan ban vulkanisir, Anda akan merasakan berkendara terasa tidak nyaman. Sebab, ban yang Anda gunakan sudah terlalu keras atau bahkan mungkin pecah-pecah. Ban jenis ini sebenarnya merupakan ban bekas yang rusak dan hanya diperbaiki. Pastinya tidak dapat melewati rintangan layaknya ban yang masih normal.

Penggunaan ban vulkanisir mobil memang perlu diwaspadai. Apabila membutuhkan bengkel ban mobil terpercaya, maka dapat menggunakan Otoklix. Otoklix memiliki mitra sebanyak 2000+ bengkel umum pilihan di Jabodetabek. Harga yang dikenakan transparan dan diberitahu pada awal booking. Harganya jauh lebih hemat dari harga servis di bengkel resmi. Bahkan jaminan service bergaransi 30 hari setelah pengerjaan serta biasa bayar di bengkel mitra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share Article: