Sunday, 07 August, 2022

waktuinfo.com

Berita Teraktual dan Terupdate

single post

  • Home
  • Bersaing di Era Digital, SMK 2 LPPM-RI Majalaya dan SMK Al Badar Terapkan Pendidikan Berkarakter
Nasional

Bersaing di Era Digital, SMK 2 LPPM-RI Majalaya dan SMK Al Badar Terapkan Pendidikan Berkarakter

Pendidikan kunci penting dalam kemajuan suatu bangsa, karena pendidikan yang baik kualitas sumber daya manusia suatu bangsa dapat ditingkatkan. Seiring perkembangan zaman, saat ini diketahui masuk era digital, maka diperlukan pembentukan siswa yang berkualitas. Secara otomatis, dibutuhkan tenaga pendidik yang unggul dan dapat beradaptasi dengan perkembangan digital saat ini.

Melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bekerja sama dengan Dyandra Academy (PT Dyandra Promosindo). Kedua lembaga ini menghadirkan Digital Marketing Development Program. Kegiatan pengembangan guru dan tenaga pendidik SMK di daerah Jawa Barat, Banten, dan Jakarta pada 1 – 18 Juni 2021 silam.

Program pengembangan ini memberikan kesempatan kepada kepala dan guru sekolah untuk memahami strategi digital marketing. Pelatihan ini setidaknya berdampak pada kemajuan sistem pembelajaran dan kualitas sekolah yag mengikutinya. Dalam penerapannya ada dia sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran era digital.

Salah satunya website SMK 2 LPPM RI berisi informasi kompetensi keahlian, prestasi siswa, ekstrakurikuler dan penerimaan peserta didik baru. Tidak hanya SMK 2 LPPM RI, strategi digital marketing juga dijalankan oleh SMK Al Badar dengan memanfaatkan platform Youtube sebagai sarana untuk memberi informasi dan mempromosikan program program yang telah dilaksanakan. “Melalui Digital Marketing Development Program diharapkan dapat meningkatkan kemampuan digital marketing para kepala dan guru sekolah. Selain itu, para kepala dan guru dapat menerapkan strategi komunikasi yang efektif kepada stakeholders untuk memberikan informasi mengenai keahlian, keunggulan dan prestasi yang ada di sekolah,” tutup Rumpoko, Director Dyandra Academy.

Berikut Profil lengkap dua sekolah yang sudah digaet Dyandra Academy untuk pengembangan lembaga pendidikan berkualitas di era digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila.

Salah satu sekolah penggerak yang menerapkan Pelajar Pancasila ialah SMK 2 LPPM RI Majalaya dan SMK Al Badar Balaraja. Sekolah di Desa Biru Majalaya Bandung Jawa Barat ini menerapkan enam dimensi utama yaitu beriman, bertakwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Hal ini sejalan dengan Visi SMK 2 LPPM RI yaitu membentuk individu produktif yang “MANTAP”: Mandiri, Terampil, Agamis dan Profesional. SMK 2 LPPM RI memiliki empat (4) kompetensi keahlian yaitu teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan, teknik grafika/desain grafis dan multimedia.

Dilengkapi dengan fasilitas fasilitas yang memadai guna membantu para siswa mengembangkan diri antara lain ruang desain grafis, bengkel otomotif, bengkel pemesinan, ruang multimedia, ruang cinema, ruang perakitan dan ruang multimedia. Selain itu, SMK 2 LPPM RI juga melakukan perubahan penataan mata pelajaran guna menggabungkan soft skill dan hard skill. Pada kelas 10 difokuskan pada penggalian potensi, menjelaskan gambaran umum tentang kompetensi keahlian serta membangkitkan passion. Kelas 11 konsentrasi pada Program Keahlian dengan menggunakan Metode Base Project. Dan kelas 12 melakukan penguatan kompetensi siswa melalui Magang/PKL selama 6 bulan di Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). “Dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, kami akan membentuk para siswa menjadi individu produktif yang mantap dan mampu mengembangkan potensi yang berkualitas serta dapat bersaing secara nasional maupun global,” ujar RM Otto Muharam selaku Kepala SMK 2 LPPM RI Majalaya.

Selain SMK 2 LPPM RI Majalaya, ada sekolah yang juga patut diacungi jempol karena program, visi dan misinya sebagai penggerak melalui Program Center of Excellence (CoE)yaitu SMK Al Badar terletak di desa Sukamurni Balaraja Tangerang Banten. Program keahlian yang dimiliki SMK Al Badar diantaranya Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Berbagai prestasi telah diraih oleh SMK Al Badar, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Di tingkat kabupaten, siswa SMK Al Badar mendapat peringkat 2 lomba Teknologi Tepat Guna (TTG), peringkat 2 lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dan peringkat 3 pada lomba videografi. Adapun di tingkat provinsi, siswa SMK Al Badar mendapat peringkat 2 lomba Teknologi Tepat Guna (TTG). Disamping prestasi di bidang akademis, beberapa siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan Pramuka dan Paskibraka di tingkat kabupaten. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh siswa program CoE SMK Al Badar antara lain melaksanakan Market Day, yaitu memasarkan produk yang disediakan oleh perusahaan sponsor.

Siswa mendapat coaching tentang teknik pemasaran dan promosi. Setelah itu, siswa praktek memasarkan produk, baik di internal sekolah maupun di luar sekolah. “Kegiatan market day yang dilaksanakan mampu menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan soft skill di bidang kewirausahaan. Selain itu, kegiatan market day siswa mendapatkan pengalaman yang berharga dalam melakukan kegiatan ekonomi yang produktif. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah menumbuhkan fighting spirit dan daya saing dalam berwirausaha di era globalisasi dengan penguasaan keterampilan kewirausahaan,” ujar Ustur Ubadi, Kepala SMK Al Badar.

0 comment on Bersaing di Era Digital, SMK 2 LPPM-RI Majalaya dan SMK Al Badar Terapkan Pendidikan Berkarakter

Write a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.